Home » » Cara Sutmit Sitemap Ke Bing dan Google

Cara Sutmit Sitemap Ke Bing dan Google

Cara Sutmit Sitemap Ke Bing dan Google

Tahun 2005, Google meluncurkan 0,84 Sitemap Protocol, dengan format XML. Bisa di bilang,  Sitemap adalah cara mengatur website, mengidentifikasi URL dan data di bawah setiap bagian. Sitemap sendiri ditujukan bagi para pengguna website.
Dengan format XML yang dibuat oleh Goolge, membuat semua mesin pencari untuk mencari data lebih cepat dan lebih efisien dan tidak membutuhkan waktu yang lama saat mengindeks suatu web. Google mengembangkan sitemap protokol untuk menanggapi peningkatan ukuran dan kompleksitas suatu website. Karena setiap generasi pasti dunia web selalulah berkembang dengan cepat.
Contohnya seperti ini, ada suatu Website bisnis yang tentunya berisi ratusan produk dalam katalognya. sedangkan popularitas blogging menyebabkan webmaster memperbarui konten mereka setidaknya sekali sehari, belum lagi pengelola website tersebut mempromosikan link web miliknya ke berbagai forum dan media sosial. Hal ini pun menyebabkan website semakin bertambah besar dan lebih besar, sehingga sulit bagi mesin pencari untuk melacak semua bahan-bahan yang terdapat di website tersebut. Dan dengan adanya sitemap inilah membuat kinerja mesin pencari "sedikit" lebih mudah.

Lalu bagaimana cara membuat Sitemap untuk Blogger dan menaruhnnya di berbagai mesin pencari ?

Membuat sitemap dan menaruhnya di mesin pencari pun sebenarnya hal yang mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Oke langsung saja Diaz beritahu langkahnya di bawah ini.

Submit Sitemap ke Google

1. Pergi ke situs http://ctrlq.org/blogger/

2. Masukkan alamat blog kamu dengan lengkap, termasuk dengan garis miringnya ( / ) seperti gambar di bawah ini. Dan klik generate sitemap
Submit Sitemap ke Google dan Bing

3. Nantinya akan tampil seperti gambar di bawah ini, kamu salin semua kode tersebut.

Submit Sitemap ke Google dan Bing

Langkah selanjutnya:
1. Login ke Blogger.com
2. Klik Setelan --> Pilih Preferensi Penelusuran --> Klik "robots.txt khusus" dan kamu pilih ya. Kemudian kamu masukkan kode yang tadi kamu salin. Lihat Gambar bila kurang jelas.
Submit Sitemap ke Google dan Bing

3.Klik simpan.

Submit Sitemap ke Bing dan Yahoo

Mesin pencari bing dan Yahoo sudah melebur menjadi satu, jadi saat kamu submit sitemap kamu ke bing, kamu juga sekaligus langsung submit sitemap kamu ke yahoo. Lihat caranya oke :
1. Login ke Bing dengan akun Windows Live kamu, jadi harus daftar dahulu yah.
2. Submit website kamu ke bing webmaster dengan memasukkan alamat url kamu di kotak tulisan "add site".
Submit Sitemap ke Google dan Bing
3. Pilih website yang kamu kelola. Klik saja linknya seperti gambar di bawah ini. Dicontoh menggunakan website Diaz, jadi setelah kamu submit website kamu, klik saja di link website kamu.
4. Setelah itu klik Dashboard --> Configure My Site --> Klik Sitemaps.

5. Kemudian kamu salin lagi kode sebelumnya. Namun hanya sitemapnya saja. Lihat Gambar di bawah ini
Submit Sitemap ke Google dan Bing
salin kode yang diblok seperti pada gambar diatas

6. Tempelkan kode yang tadi sudah di salin ke dalam kotak "submit a sitemap". Dan klik submit.
7. Selesai.

Semoga artikel Diaz ini bisa bermanfaat untuk sobat-sobat blogger sekalian.Jika sobat mempunyai pertanyaan,kritik ataupun saran,silahkan tulis di kolom komentar yang berada di bawah postingan.Sampai jumpa di TUTORIAL BLOGSPOT  berikutnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

DIAZBOX TUBE

 
Support : Facebook | Twitter | Youtube
Copyright © 2016. DIAZBOX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DIAZBOX™
Proudly powered by Blogger